Senin, 14 November 2011

Tang

Gelandang yang tang

Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas
Gelandang yang tang
Hakim garis yang pliers.JPG
Gelandang yang tang
Nama lainnya kombinasi tang, Klein (AS / CAN)
Klasifikasi alat tangan
Terkait tang
Tang gelandang itu (US ​​bahasa Inggris), tang kombinasi juga disebut adalah jenis tang digunakan oleh listrik dan lainnya pedagang terutama untuk mencengkeram, memutar, membungkuk dan memotong kawat dan kabel . Tang linemen yang berutang efektivitas mereka untuk merancang plier mereka, yang mengalikan memaksa melalui leverage. Tang gelandang yang memiliki sendi pada hidung pesek mencengkeram mereka dan memotong tepi dalam tembolok mereka. Beberapa versi termasuk baik sebagai mencengkeram tambahan atau Crimping perangkat pada inti dari sisi pegangan bersama tang '. Tang gelandang itu biasanya mesin dari baja ditempa dan dua pegangan justru bergabung dengan tugas berat paku keling yang mempertahankan keakuratan tang 'bahkan setelah penggunaan berulang bawah kekuatan ekstrim pada berat-gauge kawat. Seperti banyak alat-alat tangan, tang linemen adalah tersedia dalam versi khusus yang terisolasi dan diberi nilai untuk digunakan pada kabel yang berpotensi hidup, tetapi menggunakan ini membutuhkan pelatihan yang sangat khusus dan lisensi dan tidak diizinkan di banyak lokasi. [1]

Isi

 [hide

[ sunting ] Daya Tahan

Seperti kebanyakan alat-alat tangan kehidupan kerja daya tahan dan bermanfaat tang linemen yang sangat bervariasi sesuai dengan beban, frekuensi penggunaan dan desain yang spesifik dan kualitas dari alat. Tang linemen mungkin ditempa keluar dari alat baja paduan atau murni dan tidak dicampur. Untuk tang kualitas dasar alat baja murni dan tidak dicampur dengan kandungan karbon yang relatif rendah 0,45% dapat digunakan. Top-kualitas tang biasanya terbuat dari baja karbon tinggi dan alat paduan dengan unsur-unsur seperti krom, vanadium dan moly. [2] [3] Selain menjadi tembaga lunak yang cocok memotong dan aluminium, tang dapat dirancang khusus untuk memotong kawat mengeras , seperti kawat piano atau kuku, oleh pengerasan induksi dari tepi pemotongan. [4]

[ sunting ] menggunakan Khas

[ sunting ] Pemotongan

(Atau 'Linesmans) gelandang itu tang adalah item penting dalam melengkapi alat listrik itu. Mereka memotong, membengkokkan, dan dapat digunakan untuk mengupas isolasi kawat atau jaket kabel. Seperti dengan tang paling dan gunting atau gunting , tang gelandang yang menerapkan kekuatan yang paling terdekat ke titik poros-dari dua pegangan, sehingga untuk bahan yang lebih besar, semakin dekat Anda bisa mendapatkan kawat atau kabel ke sendi atau 'tembolok' dari tang, memotong lebih mudah dan bersih akan. Tang gelandang premium mungkin memiliki titik poros bergerak lebih dekat ke tepi pemotongan untuk menghasilkan kekuatan yang memotong jauh lebih besar.

[ sunting ] Bending / Straightening

Tang gelandang dapat digunakan untuk membengkokkan atau meluruskan berat mengukur kawat padat atau komponen lembaran logam, terutama dalam kasus di mana tang kecil tidak menawarkan cukup keuntungan mekanis . Hidung persegi dan sisi datar dari gelandang pliars sangat berguna untuk menciptakan akurat sudut kanan belokan.

[ sunting ] Pemotongan logam berlapis (MC) kabel

Sebuah rotosplit adalah alat yang ideal untuk pekerjaan ini, namun gelandang tang dapat digunakan untuk 'memecahkan' pertama spiral casing kabel dengan menekuk tajam, sebagian mengekspos kabel terisolasi, di dalam. Hal ini menciptakan tempat bagi tang untuk mendapatkan pembelian, dan, dengan penerapan gaya kuat dengan dua tangan, mereka akan memotong kabel. Untuk jalur kabel, melihat melalui salah satu bungkus dari logam spiral casing menggunakan pisau pemotong logam-melihat (sebagai contoh, di hack melihat atau powered melihat reciprocating ) dan kemudian menggunakan dua tang untuk memutar casing tajam dan pecah bagian pada kedua sisi dari pemotongan melihat. Jika tidak melihat atau rotosplit tersedia, adalah mungkin (meskipun melelahkan) untuk menggunakan tang gelandang untuk memahami ujung kabel dan bersantai 12 inci kaku-berputar aluminium untuk mengekspos bagian dalam kawat.

[ sunting ] Mencengkeram

Aplikasi yang paling umum dari tang di gelandang di mencengkeram adalah untuk memutar telanjang (dilucuti) kabel bersama-sama, untuk membentuk umum sambungan listrik antara kawat ( kacang kawat dapat digunakan untuk meningkatkan ini sambungan listrik dan menjaga terhadap korosi dari kontak-poin antara kabel, serta untuk melindungi ujung-ujung kawat memamerkan dan memberikan tambahan mekanis 'penguncian' dari junction). Tindakan menggenggam tang gelandang juga digunakan untuk menarik ikan-tape berakhir dalam kawat panjang (tinggi-gesekan) dijalankan melalui saluran , untuk mengeriting logam lunak , atau untuk menarik paku dan pengencang lainnya.

[ sunting ] Fungsi lain

Tang gelandang adalah mirip dengan jarum-hidung tang : kedua alat berbagi konstruksi, baja ditempa biasanya padat mesin, poros tahan lama, hidung mencekam dan tembolok pemotongan. Perbedaan utama adalah bahwa hidung ramping jarum-hidung tang memungkinkan untuk membentuk tikungan berdiameter kecil, dan posisi atau dukungan item di tempat-tempat aneh. Jarum-hidung tang biasanya memiliki pegangan yang lebih rendah / rasio panjang hidung, mengurangi kekuatan yang dapat diberikan di ujung. Juga, jarum-hidung tang cenderung tersedia dalam ukuran yang lebih kecil (untuk elektronik aplikasi, mereka dapat ditemukan sekecil skala 1 / 10 dari versi ukuran penuh).
Tang gelandang mungkin digunakan untuk memotong baja sampai sekrup # 10, dan hampir semua sekrup kering-dinding. Meskipun, tidak seperti beberapa kawat-pengupasan multi-tujuan tang, tang gelandang tidak akan selalu mempertahankan benang kontinuitas-bersih setelah pemotongan, sekrup drywall biasanya masih akan berfungsi di dinding kering atau kayu lunak seperti yang digunakan dalam cahaya-frame konstruksi ; mengemudi sekrup secara terbalik dengan tekanan sedang akan 'bor' starter-lubang, sehingga benang-benang yang tersisa dari sebuah sekrup dipotong untuk terlibat dan menarik sekrup di normal. Sebuah sekrup mesin dipotong oleh tang linemans 'dapat berfungsi dengan baik sekitar 60% dari waktu.
Tang gelandang kadang-kadang mencakup terintegrasi perangkat Crimping dalam tembolok dari sisi pegangan bersama tang '. Hidung-akhir Grippers tang gelandang yang dirancang untuk datang sekitar 1 / 16 "singkat kontak positif, ketika tang sepenuhnya ditutup akhir mencengkeram Para tang 'dapat digunakan untuk menekan logam lunak datar,. Dan fungsi serta crimper di beberapa aplikasi.
Tang gelandang yang memiliki hidung runcing cocok untuk reaming tepi kasar dari 1 / 2 "atau lebih besar saluran , atau membersihkan logam tajam dari bagian dalam logam standar knock-out di kandang listrik seperti kotak persimpangan atau panel pemutus . Beberapa memproduksi merek tang (yaitu Ideal) dengan rahang sempit, cocok untuk reaming saluran yang lebih kecil.
Tang gelandang profesional cukup kasar dan meskipun tidak dinilai untuk memukul, mereka cukup sering digunakan untuk tenggelam (tapi tidak diatur) sisipan beton, paku pon, atau bit kecil chip beton. Kadang-kadang dijuluki palu tukang listrik itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar