Senin, 14 November 2011

Jaringan switch

Jaringan switch

Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas
Sebuah switch jaringan atau hub switching adalah perangkat jaringan komputer yang menghubungkan segmen jaringan .
Istilah ini umumnya mengacu pada multi-port jembatan jaringan yang proses dan data rute pada lapisan data link (lapisan 2) dari model OSI . Switch yang memproses data tambahan pada lapisan jaringan (Layer 3) dan di atas sering disebut sebagai Layer 3 switch atau switch multilayer .
Yang pertama Ethernet Switch diperkenalkan oleh Kalpana pada tahun 1990. [1]

Isi

 [hide

[ sunting ] Fungsi

Switch jaringan memainkan bagian integral dalam paling modern Ethernet jaringan area lokal (LAN). Mid-ke-LAN berukuran besar mengandung sejumlah terhubung dikelola switch. Kecil kantor / rumah kantor (SOHO) aplikasi biasanya menggunakan saklar tunggal, atau semua tujuan berkumpul perangkat seperti gateway hunian untuk mengakses kantor kecil / rumah broadband jasa seperti DSL atau internet kabel . Dalam sebagian besar kasus, perangkat pengguna akhir berisi router dan komponen yang antarmuka ke teknologi broadband tertentu fisik. Perangkat pengguna juga mungkin termasuk antarmuka telepon untuk VoIP .
Sebuah Ethernet switch beroperasi pada lapisan data link dari model OSI untuk membuat terpisah collision domain untuk setiap port switch. Dengan 4 komputer (misalnya, A, B, C, dan D) pada 4 port switch, A dan B dapat mentransfer data bolak-balik, sedangkan C dan D juga melakukannya secara bersamaan, dan dua percakapan tidak akan mengganggu satu sama lain. Dalam kasus sebuah hub, mereka semua akan berbagi bandwidth dan berjalan di half duplex , sehingga tabrakan, yang kemudian akan memerlukan transmisi ulang. Menggunakan switch disebut microsegmentation . Hal ini memungkinkan komputer untuk memiliki bandwidth khusus pada point-to-point koneksi ke jaringan dan karenanya berjalan dalam full duplex tanpa tabrakan.

[ sunting ] Peran switch dalam jaringan

Switch dapat beroperasi pada satu atau lebih lapisan dari model OSI, termasuk data link dan jaringan . Sebuah perangkat yang beroperasi secara simultan pada lebih dari satu lapisan ini dikenal sebagai switch multilayer .
Dalam switch ditujukan untuk penggunaan komersial, antarmuka built-in atau modular memungkinkan untuk menghubungkan berbagai jenis jaringan, termasuk Ethernet , Fibre Channel , ATM , ITU-T G.hn dan 802,11 . Konektivitas ini dapat di salah satu lapisan yang disebutkan. Sementara Layer 2 fungsi cukup untuk bandwidth-pergeseran dalam satu teknologi, interkoneksi teknologi seperti Ethernet dan token ring lebih mudah pada Layer 3.
Perangkat yang interkoneksi pada Layer 3 secara tradisional disebut router , sehingga "layer-3 switch" juga dapat dianggap sebagai (relatif primitif) router.
Dalam beberapa operator selular dan lingkungan lain di mana ada kebutuhan untuk banyak analisis kinerja jaringan dan keamanan, switch dapat dihubungkan antara router WAN sebagai tempat untuk modul analitik. Beberapa vendor menyediakan firewall , [2] [3] jaringan deteksi intrusi , [4] dan modul analisis kinerja yang dapat ditancapkan ke port switch. Beberapa fungsi-fungsi ini dapat digabungkan pada modul. [5]
Dalam kasus lain, switch digunakan untuk membuat gambar cermin dari data yang dapat pergi ke perangkat eksternal. Karena sebagian besar beralih port mirroring hanya menyediakan satu aliran cermin, hub jaringan dapat bermanfaat untuk menyebar data ke beberapa hanya-baca analisis, seperti sistem deteksi intrusi dan packet sniffers .

[ sunting ] Layer-fungsi spesifik

Sebuah switch modular jaringan dengan tiga modul jaringan (total 24 Ethernet dan Fast Ethernet port 14) dan satu catu daya.
Sementara switch dapat belajar tentang topologi di banyak lapisan, dan forward pada satu atau lebih lapisan, mereka cenderung memiliki fitur-fitur umum. Selain untuk kinerja tinggi aplikasi, switch komersial modern menggunakan antarmuka terutama Ethernet, yang dapat memiliki input yang berbeda dan bandwidth output dari 10, 100, 1000 atau 10.000 megabit per detik .
Pada setiap lapisan, sebuah saklar modern dapat menerapkan kekuasaan atas Ethernet (PoE), yang menghindari kebutuhan untuk perangkat terpasang, seperti telepon VoIP atau titik akses nirkabel , untuk memiliki catu daya terpisah. Karena switch dapat memiliki sirkuit listrik berlebihan terhubung ke pasokan listrik yang tidak pernah terputus , perangkat yang terhubung dapat terus beroperasi bahkan ketika power kantor biasa gagal.

[ sunting ] Layer 1 hub vs switch layer yang lebih tinggi

Sebuah hub jaringan , atau repeater, merupakan perangkat jaringan sederhana. Hub tidak mengelola semua lalu lintas yang datang melalui mereka. Setiap paket memasukkan port yang disiarkan keluar atau "ulang" pada setiap port lain, kecuali untuk pelabuhan masuk. Karena setiap paket diulang pada setiap port lain, paket tabrakan mempengaruhi seluruh jaringan, membatasi kapasitasnya.
Ada aplikasi khusus di mana sebuah hub dapat berguna, seperti menyalin lalu lintas ke beberapa jaringan sensor. Switch high end memiliki fitur yang melakukan hal yang sama disebut port mirroring .
Pada awal 2000-an, ada sedikit perbedaan harga antara hub dan switch low-end. [6]

[ sunting ] Layer 2

Sebuah jembatan jaringan , beroperasi pada lapisan data link, mungkin interkoneksi sejumlah kecil perangkat di rumah atau kantor. Ini adalah kasus sepele menjembatani, di mana jembatan belajar yang alamat MAC dari setiap perangkat yang terhubung.
Jembatan tunggal juga dapat memberikan kinerja yang sangat tinggi dalam aplikasi khusus seperti jaringan area penyimpanan .
Jembatan Classic juga dapat interkoneksi menggunakan protokol spanning tree yang menonaktifkan link sehingga jaringan area lokal yang dihasilkan adalah pohon tanpa loop. Berbeda dengan router, rentang jembatan harus memiliki topologi pohon dengan hanya satu jalur aktif antara dua titik. Semakin tua 802.1D IEEE protokol spanning tree bisa sangat lambat, dengan forwarding berhenti selama 30 detik sementara spanning tree akan reconverge. Sebuah Protokol Pohon Cepat Spanning diperkenalkan sebagai IEEE 802.1w , tapi edisi terbaru dari IEEE 802.1D mengadopsi ekstensi 802.1w sebagai standar dasar.
IETF adalah menentukan Trill protokol, yang merupakan aplikasi teknologi link-state routing untuk masalah lapisan-2 bridging. Perangkat yang mengimplementasikan Trill, disebut RBridges , menggabungkan fitur terbaik dari kedua router dan jembatan.
Sementara "lapisan 2 switch" tetap lebih dari sebuah istilah pemasaran dari istilah teknis, [ rujukan? ] produk yang diperkenalkan sebagai "switch" cenderung menggunakan microsegmentation dan Full duplex untuk mencegah tabrakan antara perangkat yang terhubung ke Ethernet. Dengan menggunakan internal pesawat forwarding jauh lebih cepat daripada antarmuka, mereka memberikan kesan jalur simultan antara beberapa perangkat.
Setelah jembatan topologi belajar melalui protokol spanning tree, ini meneruskan frame data link layer menggunakan layer 2 metode forwarding. Ada beberapa metode forwarding empat jembatan dapat digunakan, yang kedua melalui Metode keempat adalah kinerja meningkat bila digunakan metode pada produk "switch" dengan input yang sama dan bandwidth port output:
  1. Store dan forward : Switch buffer dan memverifikasi setiap frame sebelum meneruskan.
  2. Potong melalui : beralih membaca hanya sampai alamat hardware frame sebelum mulai maju. Potong-melalui switch harus jatuh kembali ke toko dan maju jika port sibuk keluar pada saat paket tiba. Tidak ada pemeriksaan kesalahan dengan metode ini.
  3. Fragmen gratis : Sebuah metode yang mencoba untuk mempertahankan manfaat dari kedua menyimpan dan maju dan menerobos. Fragmen pertama memeriksa 64 byte dari bingkai , di mana menangani informasi disimpan. Menurut spesifikasi Ethernet, tabrakan harus terdeteksi selama 64 byte pertama dari frame, sehingga frame yang berada dalam kesalahan karena tabrakan tidak akan diteruskan. Dengan cara ini frame akan selalu mencapai tujuan yang diinginkan. Pemeriksaan kesalahan data aktual dalam paket yang tersisa untuk perangkat akhir.
  4. Adaptif beralih : Sebuah metode otomatis memilih antara tiga mode lainnya.
Meskipun ada aplikasi khusus, seperti jaringan area penyimpanan, di mana input dan output interface bandwidth yang sama, ini jarang terjadi di aplikasi umum LAN. Dalam LAN, switch digunakan untuk akses pengguna akhir biasanya konsentrat bandwidth yang lebih rendah (misalnya, 10/100 Mbit / s) ke bandwidth yang lebih tinggi (minimal 1 Gb / s). Atau, sebuah saklar yang menyediakan akses ke port server biasanya menghubungkan mereka pada bandwidth yang lebih tinggi daripada yang digunakan oleh perangkat pengguna akhir.

[ sunting ] Layer 3

Dalam batas-batas dari lapisan Ethernet fisik, lapisan 3 switch dapat melakukan beberapa atau semua fungsi yang biasanya dilakukan oleh router . Lapisan-3 yang paling umum adalah kesadaran kemampuan IP multicast melalui IGMP mengintip . Dengan kesadaran ini, switch layer-3 dapat meningkatkan efisiensi dengan memberikan lalu lintas dari kelompok multicast hanya untuk port mana perangkat yang terpasang telah mengisyaratkan bahwa ia ingin mendengarkan kelompok itu.

[ sunting ] Lapisan 4

Sementara makna yang tepat dari switch Layer-4 Istilah vendor tergantung, hampir selalu dimulai dengan kemampuan untuk terjemahan alamat jaringan , tapi kemudian menambahkan beberapa jenis distribusi beban didasarkan pada TCP sesi. [7]
Perangkat mungkin termasuk stateful firewall , sebuah VPN konsentrator, atau menjadi IPSec gateway keamanan.

[ sunting ] Layer 7

Layer 7 switch dapat mendistribusikan beban berdasarkan URL atau dengan beberapa teknik khusus instalasi untuk mengenali tingkat-aplikasi transaksi. Sebuah switch Layer-7 mungkin termasuk web cache dan berpartisipasi dalam jaringan pengiriman konten . [8]
Rack-mount 24-port 3Com beralih

[ sunting ] Jenis-jenis switch

[ sunting ] Formulir faktor

  • Desktop, tidak di-mount di kandang, biasanya dimaksudkan untuk digunakan di lingkungan rumah atau kantor di luar lemari kabel
  • Rack mount - Sebuah saklar yang gunung di rak peralatan
  • Chassis - dengan kartu Modul swappable
  • DIN rel mount - biasanya terlihat di lingkungan industri atau panel

[ sunting ] Konfigurasi pilihan

  • Switch unmanaged - Switch ini tidak memiliki antarmuka konfigurasi atau pilihan. Mereka adalah plug and play . Mereka biasanya switch paling mahal, ditemukan di rumah, SOHO , atau usaha kecil. Mereka dapat desktop atau rak mount.
  • Dikelola switch - switch ini memiliki satu atau lebih metode untuk memodifikasi operasi saklar. Metode manajemen umum termasuk: sebuah antarmuka baris perintah (CLI) diakses melalui konsol serial , telnet atau Secure Shell , tertanam Simple Network Management Protocol (SNMP) agen manajemen yang memungkinkan dari sebuah remote konsol atau stasiun manajemen, atau antarmuka web untuk manajemen dari sebuah web browser . Contoh perubahan konfigurasi yang satu dapat dilakukan dari saklar yang diatur meliputi: mengaktifkan fitur seperti Spanning Tree Protocol , mengatur bandwith pelabuhan , membuat atau memodifikasi Virtual LAN (VLAN), dll Dua sub-kelas dari switch dikelola dipasarkan hari ini:
    • Pintar (atau cerdas) switch - switch ini dikelola dengan serangkaian fitur yang terbatas manajemen. Demikian juga "web-berhasil" switch adalah switch yang jatuh di ceruk pasar antara unmanaged dan dikelola. Untuk harga jauh lebih rendah daripada switch sepenuhnya dikelola mereka menyediakan antarmuka web (dan biasanya tidak ada akses CLI) dan memungkinkan konfigurasi pengaturan dasar, seperti VLAN, port-bandwidth dan duplex. [9]
    • Dikelola perusahaan (atau sepenuhnya dikelola) switch - Ini memiliki set lengkap fitur manajemen, termasuk CLI, agen SNMP, dan antarmuka web. Mereka mungkin memiliki fitur tambahan untuk memanipulasi konfigurasi, seperti kemampuan untuk menampilkan, memodifikasi, cadangan dan memulihkan konfigurasi. Dibandingkan dengan saklar cerdas, switch perusahaan memiliki lebih banyak fitur yang dapat disesuaikan atau dioptimalkan, dan umumnya lebih mahal daripada switch pintar. Perusahaan switch biasanya ditemukan dalam jaringan dengan jumlah yang lebih besar dari switch dan koneksi, di mana manajemen terpusat adalah penghematan yang signifikan dalam waktu administrasi dan usaha. Sebuah switch stackable adalah versi perusahaan yang dikelola switch.

[ sunting ] pemantauan Lalu Lintas pada jaringan diaktifkan

Kecuali port mirroring atau metode lain seperti RMON atau SMON diimplementasikan dalam switch, [10] sulit untuk memonitor lalu lintas yang dijembatani dengan menggunakan switch karena hanya port pengirim dan penerima dapat melihat lalu lintas. Fitur-fitur pemantauan jarang hadir pada konsumen kelas switch.
Dua metode populer yang secara khusus dirancang untuk memungkinkan seorang analis jaringan untuk memonitor lalu lintas adalah:
  • Port mirroring - saklar mengirimkan salinan paket jaringan ke koneksi jaringan pemantauan.
  • SMON - "Beralih Pemantauan" dijelaskan oleh RFC 2613 dan merupakan protokol untuk menguasai fasilitas seperti port mirroring.
Metode lain untuk memantau mungkin untuk menghubungkan Layer-1 hub antara perangkat yang dimonitor dan port switch. Hal ini akan mendorong penundaan kecil, namun akan memberikan beberapa interface yang dapat digunakan untuk memonitor port switch individu.

[ sunting ] fitur beralih manajemen Khas

Linksys 48-port switch
HP ProCurve rack-mount switch dipasang pada sebuah standar telekomunikasi Rack rak 19-inci dengan kabel jaringan
Agregasi link memungkinkan penggunaan beberapa port untuk sambungan yang sama mencapai kecepatan transfer data yang lebih tinggi. Membuat VLAN dapat melayani tujuan keamanan dan kinerja dengan mengurangi ukuran broadcast domain .

[ sunting ] Lihat juga

[ sunting ] Referensi

  1. ^ Robert J. Kohlhepp (2000/10/02). "10 Produk Paling Penting Dekade" . Jaringan . Diperoleh 2008/02/25.
  2. ^ Cisco Catalyst 6500 Series Firewall Layanan Modul , Cisco Systems, 2007
  3. ^ Beralih 8800 Modul Firewall , 3Com Corporation, 2006
  4. ^ Cisco Catalyst 6500 Series Intrusion Detection System (IDSM-2) Modul , Cisco Systems, 2007
  5. ^ Memulai dengan Api Check Point Tembok-1 , Checkpoint Software Technologies Ltd, nd
  6. ^ Matius Glidden (Oktober 2001). "Switch dan Hub" . Tentang Blog ini khusus . Diperoleh 9 Juni 2011.
  7. ^ S. Sathaye (Januari 1999), The Ins dan Out Layer 4 + Switching , Nanog , "Itu biasanya berarti satu dari dua hal: -. 1 Layer 4 informasi digunakan untuk memprioritaskan dan antrian lalu lintas (router telah melakukan ini selama bertahun-tahun) - 2 Layer 4 informasi digunakan untuk mengarahkan sesi aplikasi ke server yang berbeda (load balancing generasi berikutnya) "..
  8. ^ Bagaimana khawatir terlalu khawatir? Plus, Kisah Global Crossing. , Nanog milis arsip, S. Gibbard, Oktober 2001
  9. ^ Tek spesifikasi untuk sampel HP saklar "web-berhasil" (halaman arsip dari web.archive.org)
  10. ^ Jaringan Monitoring Remote Management Informasi Basis , RFC 2819 , S. Waldbusser, Mei 2000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar